Monday, 24 June 2013

Membandingkan Batik tulis dan Batik Cap

Batik modern saat ini merupakan salah satu pakaian yang banyak dicari oleh masyarakat .Hal ini dikarenakan produsen batik kian luwes mengikuti perkembangan model baju yang membuat batik tampak makin indah dan elegan ketika dipakai.Untuk batik pria,tersedia berbagai macam pilihan warna dan motif kemeja batik yang dapat digunakan untuk acara resmi di kantor maupun ketika ada undangan resepsi.

Satu lagi jenis model yang digemari adalah batik sarimbit,yaitu satu kain batik yang kemudian dijahit mejadi kemeja batik dan gamis batik atau batik wanita.Sarimbit batik dapat juga dikenakan untuk seluruh keluarga termasuk anak-anak sehingga penampilan keluarga tersebut tampak unik dan menawan.Batik sarimbit dapat juga berasal dari dua kain yang memiliki warna yang sama namun motif yang berbeda di beberapa titik kain batik untuk membedakan antara kain yang dikenakan untuk pria dan wanita.

Seperti kita ketahui,terdapat dua jenis kain batik,yaitu kain batik tulis dan batik cap.Pada artikel kali ini,kita akan membahas tentang perbedaan kedua batik tersebut.



Batik Tulis

 

Perbedaan antara Batik Tulis dan Batik Cap


Batik tulis memiliki keunikan tersendiri karena dihasilkan dari pengrajin yang langsung menggambar pola diatas kainnya.Untuk beberapa batik tulis malah hanya diproduksi satu kali untuk suatu motif.Sedangkan untuk batik cap dilakukan dengan menggunakan alat cap sehingga motif yang dihasilkan dapat diproduksi banyak untuk satu macam motif.

Bentuk desain pada batik tulis tidak bisa persis sama sedangkan pada batik cap akan tampak persis sebab sudah sesuai dengan cetakan motif pada alat cap.

Batik tulis dibuat dengan menggunakan alat gambar bernama canting yang diisi dengan cairan malam kemudian pengrajin akan langsung menggoreskannnya diatas motif yang sudah digambar terlebih dahulu ,sedangkan batik cap dibuat dengan menempelkan alat cap ke atas kain.Alat ini berbentuk motif yang diinginkan oleh pembatik.

Waktu pembuatan batik tulis membutuhkan dua sampai enam bulan sesuai dengan rumitnya motif yang dibuat,sedangkan untuk batik cap hanya membutuhkan waktu dua minggu.Hal inlah yang menyebabkan harga batik tulis menjadi lebih tinggi.


Batik Cap

Demikian sebagian dari perbedaan antara batik tulis dan batik cap atau yang sering juga disebut sebagai batik print.Beberapa orang cenderung memilih menggunakan batik tulis saja dikarenakan keunikan dan kwalitas yang lebih baik.

Jika anda ingin menggunakan batik cap,pilihlah batik cap dengan mutu kain dan warna yang bagus,sehingga walaupun baju batik modern tersebut dicuci berulang kali,warnanya tidak mudah memudar.Kunjungi toko kami  untuk berbagai pilihan baju batik dengan kwalitas terjamin dan harga terjangkau.

4 comments: